Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli

Standard

Secara Etimologi

Istilah komunikasi dari bahasa Inggris communication, dari bahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama, komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut.

Secara harafiah, komunikasi berasal dari Bahasa Latin: COMMUNIS yang berarti keadaan yang biasa, membagi. Dengan kata lain, komunikasi adalah sutu proses di dalam upaya membangun saling pengertian. Dalam suatu organisasi biasanya selalu menekankan bagaimana pentingnya sebuah komunikasi antar anggota organisasi untuk menekan segala kemungkinan kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.

Lebih jauhnya berikut adalah definisi-definisi komunikasi menurut para ahli:

Onong Uchjana Effendy

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)

Istilah komunikasi dari bahasa Inggris communication, dari bahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama, komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut.

Raymond Ross

Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

Gerald R. Miller

Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.

Carl I. Hovland

Komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator mengoperkan stimulan biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non verbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain

New Comb

Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

Bernard Barelson & Garry A. Steiner

Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.

Colin Cherry

Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

Forsdale (1981)

“Communication is the process by which a system is established, maintained and altered by means of shared signals that operate according to rules”. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.

Analisis : Komunikasi adalah sebuah cara yang digunakan sehari-hari dalam menyampaikan pesan/rangsangan(stimulus) yang terbentuk melalui sebuah proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Dimana satu sama lain memiliki peran dalam membuat pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan/rangsangan tersebut, serta memeliharanya di ruang publik. Dengan tujuan sang “receiver” (komunikan) dapat menerima sinyal-sinyal atau pesan yang dikirimkan oleh “source” (komunikator).

William J. Seller

Komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

Lexicographer (ahli kamus bahasa)

Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977

Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.

Hovland, Janis & Kelley:1953

Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).

Berelson dan Stainer, 1964

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain lain.

Gode, 1959

Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.

Barnlund, 1964

Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.

Ruesch, 1957

Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.

Weaver, 1949

Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.

Palo Alto

Ketika dua orang sedang bersama, mereka berkomunikasi secara terus menerus karena mereka tidak dapat berperilaku. PALO ALTO sangat percaya bahwa seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi

Himstreet & Baty

Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan

Bovee

Komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan

Theodorson & Thedorson

Komunikasi adalah penyebaran informasi, ide-ide sebagai sikap atau emosi dari seseorang kepada orang lain terutama melalui simbol-simbol

Edwin Emery

Komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan sikap seseorang kepada orang lain

Delton E, Mc. Farland

Komunikasi adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia

William Albig

Komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan

Charles H. Cooley

Komuniksi berarti suatu mekanisme hubungan antar manusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan menyimpan dalam waktu

A. Winnet

Komunikasi merupakan proses pengalihan suatu maksud dari sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas, rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut

Karfried Knapp

Komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang menggunakan sistem simbol linguistik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan non verbal. Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung / tatap muka atau melalui media lain (tulisan, oral, dan visual)

Everett M. Rogers

Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.) (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , 2005, hal 62, Dedy Mulyana)

Rogers & D. Lawrence Kincaid, 1981

Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

Shannon & Weaver, 1949

Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

David K. Berlo, 1965

Ilmu pengantar komunikasi Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 3, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

Harorl D. Lasswell, 1960.

Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?) (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 19, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.) (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , 2005, hal 69, Dedy Mulyana) Berikut analisis 5 unsur menurut Lasswell:

1. Who? (siapa/sumber). Sumber/komunikator adalah pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang memulai suatu komunikasi,bisa seorang individu,kelompok,organisasi,maupun suatu negara sebagai komunikator.

2. Says What? (pesan). Apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima(komunikan),dari sumber(komunikator)atau isi informasi.Merupakan seperangkat symbol verbal/non verbal yang mewakili perasaan,nilai,gagasan/maksud sumber tadi. Ada 3 komponen pesan yaitu makna,symbol untuk menyampaikan makna,dan bentuk/organisasi pesan.

3. In Which Channel? (saluran/media). Wahana/alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator(sumber) kepada komunikan(penerima) baik secara langsung(tatap muka),maupun tidak langsung(melalui media cetak/elektronik dll).

4. To Whom? (untuk siapa/penerima). Orang/kelompok/organisasi/suatu negara yang menerima pesan dari sumber.Disebut tujuan(destination)/pendengar(listener)/khalayak(audience)/komunikan/penafsir/penyandi balik(decoder).

5. With What Effect? (dampak/efek). Dampak/efek yang terjadi pada komunikan(penerima) setelah menerima pesan dari sumber,seperti perubahan sikap,bertambahnya pengetahuan, dll.

Contoh: Komunikasi antara guru dengan muridnya. Guru sebagai komunikator harus memiliki pesan yang jelas yang akan disampaikan kepada murid atau komunikan.Setelah itu guru juga harus menentukan saluran untuk berkomunikasi baik secara langsung(tatap muka) atau tidak langsung(media).Setelah itu guru harus menyesuaikan topic/diri/tema yang sesuai dengan umur si komunikan,juga harus menentukan tujuan komunikasi/maksud dari pesan agar terjadi dampak/effect pada diri komunikan sesuai dengan yang diinginkan.

Steven

Komunikasi Juga dapat terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 19, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)

Prof. Dr. Alo Liliweri

Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. [Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan, 2003, hal 4

Bernard Berelson & Gary A. Steiner

Komunikasi : Transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol – kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi. [dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 68]

John R. Wenburg dan William W Wilmot

Komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna. [dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 68]

Judy C pearson & Paul E melson

Komunikasi adalah Proses memahami dan berbagi makna. , [dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 69]

Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss

Komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih. [dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 69]

William I. Gordon

Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan. [dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 69]

M. Djenamar. SH

Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain. [Komunikasi dan pidato, 1986, hal 2]

Prof. Dr. Alo Liliweri

Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. [Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan, 2003, hal 4]

Anwar arifin (1988:17)

Komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna. Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan Komunikasi sebagai proses sosial Komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitan pesan dengan perilaku.

Markman, 1981 : Murphy & Mendelson. 1973

Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.

Aristoteles (ruben, 2002:21)

Komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapatberpartisipasi dalam demokrasi

Drs. Redi Panuju, Msi (2001:1)

Komunikasi merupakan sistem aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.

Hoben 

Simbol/verbal/ujaran, komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.

Anderson

Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.

Achmad S. Ruky

Sukses sebagai manajer Profesional tanpa gelar MM atau MBA – Komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan yang dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kpd org lain, utk mempengaruhi dan/atau mengubah informasi dan tingkah laku orang yang menerima pesan.

Atep Aditya Barata

Dasar-dasar pelayanan prima adalah poses pengiriman dan penerimaan pesan atau berita (informasi) antara 2 orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

DRS. Agus M. Hardjana, M.Sc., ED KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL,

Komunikasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan dari media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan serta memahami sejauh kemampuan, penerimaan pesan menyampaikan tanggapan melalui media tertyentu pula kepada orang yang menyampaukan pesan itu kepadanya.

Sindu mulianto Panduan Lengkap supervisi Perspektif Syariah

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.

Wuryanano (Super Mind for Successful Life)

Komunikasi adalah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap anda, tingkah laku anda, dan segala sesuatu yag terpancar dari pribadi anda.

Kesimpulan

Definisi komunikasi secara umum adalah suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Definisi tersebut memberikan beberapa pengertian pokok yaitu komunikasi adalah suatu proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan.

Setiap pelaku komunikasi dengan demikian akan melakukan empat tindakan: membentuk, menyampaikan, menerima, dan mengolah pesan. Ke-empat tindakan tersebut lazimnya terjadi secara berurutan. Membentuk pesan artinya menciptakan sesuatu ide atau gagasan. Ini terjadi dalam benak kepala seseorang melalui proses kerja sistem syaraf. Pesan yang telah terbentuk ini kemudian disampaikan kepada orang lain. Baik secara langsung ataupun tidak langsung. Bentuk dan mengirim pesan, seseorang akan menerima pesan yang disampaikan oleh orang lain. Pesan yang diterimanya ini kemudian akan diolah melalui sistem syaraf dan diinterpretasikan. Setelah diinterpretasikan, pesan tersebut dapat menimbulkan tanggapan atau reaksi dari orang tersebut. Apabila ini terjadi, maka si orang tersebut kembali akan membentuk dan menyampaikan pesan baru. Demikianlah ke –empat tindakan ini akan terus-menerus terjadi secara berulang-ulang.
Pesan adalah produk utama komunikasi. Pesan berupa lambang-lambang yang menjalankan ide/gagasan, sikap, perasaan, praktik atau tindakan. Bisa berbentuk kata-kata tertulis, lisan, gambar-gambar, angka-angka, benda, gerak-gerik atau tingkah laku dan berbagai bentuk tanda-tanda lainnya. Komunikasi dapat terjadi dalam diri seseorang, antara dua orang, di antara beberapa orang atau banyak orang. Komunikasi mempunyai tujuan tertentu. Artinya komunikasi yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan kepentingan para pelakunya.

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi

http://ikomumm.blogspot.com/2009/03/36-pengertian-komunikasi-menurut-para.html

http://duniabaca.com/pengertian-atau-definisi-komunikasi.html

http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi/

http://carapedia.com/pengertian_definisi_komunikasi_menurut_para_ahli_info487.html

 

Image

About syahmadh4n

Moody, Cheerful, Courageous, Creative, Competitive, Passionate, Adventurer, It might represent the major characteristic of me. Lives with : my Ex-Designer Mom, Sri Haryati and AN IncredibleArtist/Advertising Entrepreneur Dad, Nasrun Sutomo. And also my Tattoo Artist Big Brother. Muhammad Nasir. Likes : Breakfast in Sunday Morning at Losari Beach with Chicken Porridge, Chicken Soto, Croissants, Sandwich or Milk; Offbeat Guys :P ; Jet-setting; Fashion; Paris; Bali; Japan; Columbia University (They such have a great program on their Broadcasting major, thou!); High-Society; Fashion Show; Social Gala; Parties!; Dramaaaaa!; Clubbing; Night-Socialites; ELLE; Boots; Cooking; Shopping, Dancing; Wedding, Photography; Paintings; Travelling; Karaoke; Movies; Limousine; Hotel Suites; Sushi; Bags; Oxford Shoes; Harajuku Style; Architectures, Buildings, and Interior Designs (esp. Shabby Chic); Ice Cream. Dislikes : Bad Rumors about me; People being mad at me; Fake and Pretentious people; Liars; Whores; Cheaters; Betrayals; Sabotaging; Blackmailing; hypocrisy; Bad manners; Social Faux pas (Ugh!); Flared jeans; Confrontation; Blemishes; Insensitiveness; Hyperboles. Current Crush : Amanda Seyfried, Christoper Egan, Chris Evans. Favorite Fashion Accessory : Leathers, Hand Bags, Cashmere Sweaters. Favorite places in Makassar : Outdoor dining tables of sidewalk restaurants at Losari Beach in the morning, Kampung Popsa, J-Co Mall Ratu Indah, Madame-Wong Café & Resto, Ballezza; de Luna, Karebosi Link (reference : X-cape, EFATA, Up-date.); Fort Rotterdam; Bakso Lapangan Tembak Senayan Cabang Mall Panakukkang. Favorite Music : Agnes Monica, Rihanna, Katy Perry, Kesha, Beyonce, Adele, Usher, Westlife, MGMT, One Republic, Mike Mohede, Marcel Siahaan. Favorite Author : Cecily Von Ziegesar, JK Rowling, Stephanie Meyer, Christian Simamora, R.L. Stine, William Shakepeare, Enid Blyton. Favorite Movies : Dear John, The Devil Wears Prada, 500 Days of Summer, Salt, Rattatoullie, The Confession of A Shopaholic, Harry Potter and The Goblet Of Fire, Pirates of Caribbean, Scooby-Doo 1&2, Charlie's Angels Full Throtle, Scream (All Volume), Final Destination 3, Princess Diaries 2, … Favorite Designer : CO2 Works, ZARA, Paul Smith, Fred Perry, Dolce & Gabbana, Oscar de la Renta, Christian Dior, Cartier, Sapto Djojokartiko, Louis Vuitton, Hanjyo Dyoji, Jean Paul Gaultier, Ralph Lauren, Vivienne Westwood, Nina Karina Nikicio. Favorite Model : Agyness Deyn, Gisele Bundchen, Coco Rocha, Tyra Banks Current Gadget : iPhone5, Motorola DROID A855 milestone, Blackberry Torch Heroes : My Dad, My Mom. Childhood crush : Brian Mc Fadden :P I'm kind of person who likes to succeed on my own, wherever I belong I always make "Groundbreaking". The more preparation that I did to start a conversation with someone, it's kinda Better to get their sympathy in the first impression. It feels so sucks, damnly poor if we're trying to getting closer with someone who seen cool in outside, but when you do some conversation after that, you realize that this one is actually kinda few kangaroos short in the top paddock, or in another word, dummy. So I'm always trying to updating my head-contain by find what the headline of latest newspaper and what NEWS is on the air. Go find information of every film or movie which are in famous, even I haven't watched it yet. And every books that recently read by almost all people around you. By that way, at least I can be included even into the most standard conversation. I think, it can become a plus point to keep my outside appearance. I named it.. THE STYLE OF THE BRAIN. ^_^ Get Confidence. That's quote never disappears in my mind. I always think like this, if I believe that I'm OK, people probably treat you so., too. For this thing, body-language and facial expression do really help! For example, if there's a girl wears a perfect outfit, like luxurious dress, beauty hair-cut and gorgeous make-up, but then she walks horrible and drags her steps all the way, with lazy-face and wrinkle her eye-brow.. Hah, you even would think "Whatta Pity…. " it's because she doesn't believe it! But me, I can perform naturally with just wearing short, White Tee, and Sneakers and still look cool-, surely if I stand uprightly and walking with full of Confidence. THE WORLD WILL FOLLOW ME!!! Hohohoo…! A Person that has a Zodiac aRies like me, generally, needs a Variation in friendship. If there's a group of friends that can't balance my exchangeable interests , no wonder I'll move into another group. I usually make a friendship just for practical reason, not for emotional reason. My soul is a freedom and never be afraid to be alone. The uniquely me, I'm never less of friends. Go find new friends out there isn't Big deal for me.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s